google.com, pub-0275905348723303, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Pengertian Perancangan Sistem dan Contoh - RESEP ILMU SEKOLAH
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Perancangan Sistem dan Contoh





Perancangan sistem adalah penggambaran atau pembuatan sketsa dari beberapa elemen yang terpisah menjadi kesatuan yang utuh. Setelah tahap analisis selesai dilaksanakan, maka tiba waktunya sekarang untuk memikirkan bagaimana membentuk sistem tersebut. Sehingga tahap ini disebut dengan perancangan sistem.









Menurut George M. Scott, dalam bukunya Jogiyanto HM, yang berjudul Analisa dan Desain Sistem Informasi, perancangan sistem dapat didefinisikan sebagai berikut : “Perancangan sistem merupakan tahap dalam menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti akan diselesaikan, tahap ini menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen–komponen perangkat keras dan perangkat lunak dari suatu sistem sehingga setelah diinstalasi dari sistem akan benar–benar memuaskan”






Alat Bantu Dalam Perancangan Sistem


Alat bantu yang dipergunakan dalam perancangan sistem meliputi:


Diagram konteks berfungsi memetakan model lingkaran dari sistem yang dipresentasikan dengan lingkaran tunggal yang mewakili keseluruhan sistem. Simbol yang digunakan adalah sebagai berikut:







Simbol sumber data















Contoh proses Pembuatan DFD






Diagram Context sistem informasi Rental Mobil PT. Jarang Kembali – Solo











Diagram Context sistem informasi Penjualan Barang











Hipo


Hirarki Input Proses Output








Dfd level 0 - Sistem Informasi Penjualan Buku











Tingkatan DFD (DFD Levelled)


Model ini menggambarkan sistme sebagai jaringan kerja antara fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan aliran dan penyimpanan data.


Simbol yang digunakan adalah sebagai berikut: