google.com, pub-0275905348723303, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Contoh Soal Teknik Otomotif Kendaraan Ringan - RESEP ILMU SEKOLAH
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Teknik Otomotif Kendaraan Ringan



Sahabat sekolah berikut contoh soal teknik otomotif kendaraan ringan bagi sahabat sekolah mau ujian ayo sahabat sekolah belajar 

1.Berapakah hasil pengukuran tahanan pada skala multimeter berikut ini, jika selector pada posisi X 10 Q ?       20
A.   23 Q
B.  32 Q
C. 230 Q
D. 260 Q
E. 320 Q

2.        Pada meşin bensin atau diesel seringkali timbul permasalahan yaitu air pendingin yang ada di reservoir tank tidak kembali ke radiator meskipun jumlah air di radiator kurang. Kondisi tersebut dapat disebabkan
A.      Tanki atas radiator kotor
B.      Katup tekan pada tutup radiator tidak bekerja
C.      Katup vakum pada tutup radiator tidak bekerja
D.      Putaran kipas pendingin terlalu lambat
E.      Tanki bawah radiator kotor
3.        Pada motor bensin atau motor diesel yang menggunakan sistem pendingin air seringkali terjadi kasus overheating yang disebabkan oleh beberapa hal. Untuk menentukan kemungkinan gangguan yang terjadi maka dapat dilakukan pemeriksaan komponen sistem pendingin sebagai berikut, kecuali .
A.      Memeriksa kebocoran air pendingin di dalam sistem dengan radiator cap tester
B.      Memeriksa jumlah air pendingin di dalam sistem pendingin
C.      Memeriksa aliran air pendingin melalui lubang pengisian air pada radiator pada saat meşin telah mencapai suhu kerja
D.       Memeriksa posisi pemasangan kipas pendingin
E.       Memeriksa tegangan tali kipas pendingin
4  Meşin bensin konvensional yang menggunakan karburator ketika berputar idel/stasioner, menengah, dan putaran tinggi hidup normal. Namun pada saat digas mendadak (diakselerasi), putaran meşin tersendat. Berikut ini kemungkinan penyebabnya kecuali
A.      Pump jet buntu/kotor
B.      Inlet Steel ball tidak ada
C.      Outlet Steel ball tidak ada
D.      Saluran bahan bakar yang menuju ke pompa percepatan buntu/kotor
E.      Main jet sekunder buntu/kotor

5.        Di bawah ini adalah alat ukur mikrometer luar yang sering digunakan dalam pengukuran di bengkel. Hasil pembacaan yang ditunjukkan pada skala pengukuran mikrometer luar tersebut adalah


25
20
15
50





















A.    50, 22 mm
B.    53, 22 mm
C.    53, 28 mm
D.    54, 22 mm
E.             54, 28 mm
6.        Untuk menentukan kondisi tlırottle position sensor (TPS), maka perlu dilakukan pemeriksaan sebagai berikut
A.      Mengukur tegangan dan tahanan TPS, kemudian membandingkannya dengan spesifikasi.
B.      Mengukur tegangan TPS, kemudian membandingkannya dengan spesifikasi.
C.      Mengukur tahanan TPS, kemudian membandingkannya dengan spesifikasi.
D.      Mengukur tegangan dan tahanan TPS
E.      Mengukur tegangan TPS
7.        Pada motor bensin yang menggunakan sistem bahan bakar konvensional pada saat distarter meşin susah hidup. Kondisi tersebut dapat disebabkan
A.      Sistem percepatan tidak bekerja
B.      Sistem tenaga tidak bekerja
C.      Saluran dari ruang pelampung ke sistem percepatan tersumbat
D.     Air bleeder tersumbat
E.     Main jet terlalu kecil
8.        Meşin bensin injeksi elektronik ketika dihidupkan pada putaran tinggi, meşin berputar normal tetapi pada saat pedal gas dilepas, meşin tidak dapat berputar stasioner, Berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya, kecuali
A.      Konektor İSC lepas/kendor
B.      Setelan katup gas terlalü kecil
C.      Konektor İSC tertukar dengan konektor ATS
D.      Saluran udara ke İSC tersumbat E. İSC macet/tidak bekerja

9.        Gambar di bawah menunjukkan model plunger dari elemen pompa injeksi type in line. Apabila plunger tersebut diputar sesuai arah panah, berakibat . 



        A.      Jumlah bahan bakar bertambah
B.      Tekanan bahan bakar bertambah
C.     Tekanan bahan bakar berkurang
D.     Jumlah bahan bakar berkurang
E.      Kecepatan bahan bakar bertambah
10.    Tekanan bahan bakar di dalam (inner pressure) pompa injeksi distributor type VE, dapat diatur dengan cara mengatur
A.      Tegangan pegas governor
B.      Posisi spill ring
C.      Posisi governor sleeve
D.      Tegangan pegas regulating valve
E.      Tegangan pegas automatic timer
l l. Pada pekerjaan engine tune up konvensional, prosedur tune up perlu dilakukan dengan benar. Di bawah ini adalah pernyataan yang benar terkait dengan engine tune up konvensional
A.        Penyetelan sudut dwell dan saat pengapian tidak perlu urut mana yang lebih dulu karena tidak ada kaitannya dengan hasil tune up engine
B.        Penyetelan saat pengapian perlu dilakukan lebih dulu sebelum menyetel sudut dwell
C.        Penyetelan saat pengapian perlu dilakukan lebih dulu sebelum penyetelan celah katup karena keduanya saling terkait.
D.        Penyetelan celah katup perlu dilakukan lebih dulu sebelum penyetelan saat pengapian.
E.     Penyetelan sudut dwell perlu dilakukan lebih dulu sebelum penyetelan saat pengapian karena keduanya saling terkait

12.    Suatu kendaraan bermesin bensin ketika diakselerasi/dipercepat timbul suara nglitik
(detonasi/knocking). Berikut ini kemungkinan penyebabnya, kecuali
A.        Saat pengapian terlalu maju
B.         Nilai oktan bahan bakar yang digunakan terlalu rendah
C.         Ruang bakar penuh dengan kerak/karbon
D.        Setelan celah katup terlalu longgar
E.         Beban dan putaran mesin tidak seimbang
13.    Suatu kendaraan dengan sistem kopling manual pada saat pedal kopling diinjak terdengar suara kasar, tetapi suara tersebut hilang ketika pedal kopling dilepas. Kemungkinan penyebabnya adalah bantalan
A.        Batang torak rusak/aus
B.         Input shaft transmisi rusak/aus
C.         Pembebas kopling rusak/aus
D     Poros engkol rusak/aus
E.    Poros transmisi rusak/aus
14.    Apabila hasil pemeriksaan keausan pegas diapragma dari plat penekan kopling manual belum melebihi batas spesifikasi, tetapi kerataan pegas diapragma telah melebihi batas spesifikasi, maka dapat disimpulkan
A.        Plat penekan masih dapat digunakan, tetapi perlu penyetelan kerataan pegas diapragma
B.         Plat penekan perlu diganti pegas diapragmanya
C.       Plat penekan masih dapat digunakan
       D.      Plat penekan tidak perlu diştel
       E.      Plat penekan sudah tidak layak digunakan
15.    Pada saat meşin dihidupkan terdengar şuara berisik pada bagian meşin bagian deparı, Şuara berisik akan semakin keras ketika putaran meşin dinaikkan. Kemungkinan penyebabnya adalah
A.        Bantalan poros nok longgar
B.       Ring piston ada yang patah
     C.         Rantai timing (timing chain) kendor
     D.         Pena torak aus
     E.          Valve lifler aus
16.    Gambar di bawah adalah mekanisme pemindah gigi pada sistem transmisi jenis tak langsung. Apabila pada sistem tersebut terjadi keausan pada bushing maupun linkage akan berakibat
   

A. Gigi transmisi loncat
     B. Timbulnya bunyi saat perpindahan gigi
   C.   Timbulnya şuara saat kendaraan j alan
   D.   Gigi transmisi susah perpindahan
E. Gigi transmisi kembali ke posisi nol dengan sendirinya.

17.    Berikut ini adalah gambar planetary gear set. Apabilajumlah gigi ring gear z 60 dan sun gear 28. Posisi sun gear mati (fixed) dan ring gear sebagai drive member (penggerak), maka gear ratio dari planetary gear set adalah
  A.    0,68
  B.    0,861
  C.  1,466
D.  1, 646
E.   2,142

18.    Suatu kendaraan dengan penggerak roda belakang, gigi diferensialnya bunyi saat belok.
   Gejala tersebut dapat disebabkan
A.        Bantalan poros axle belakang kendor
B.         Minyak pelumas kurang
C.         Side gear rusak/aus
D.        Preload bantalan drive pinion tidak sesuai
E.         Kontak gigi antara ring gear dan drive pinion tidak tepat

19.    Pemeriksaan yang perlu dilakukan setelah proses perakitan komponenfinal gear adalah pemeriksaan perkaitan antara perkaitan gigi seperti gambar di bawah ini yang disebut pemeriksaan.



A.        Endplay side gear
B.        Run out dari ring gear
C.        Endplay ring gear
D.        Run out dari side gear
E.         Run out dari companion flange
20, Suatu kendaraan yang letak mesinnya di depan dengan penggerak roda depan (FF), terdengar suara berdetak di bagian depan pada saat mobil dibelokkan. Kemungkinan penyebabnya adalah
A.        Triple joint aus/pasak
B.         Bantalan roda depan kurang pelumas
C.         Spline gear pada CVjoint aus
D.        Spider aus/rusak
E.         Constant velocityjoint aus/rusak
21, Apabila pada side wall ban tertulis kode ban 195 / 70 R 14 86 angka 14 berarti ban tersebut mempunyai ukuran .
A. Aspect ratio (tinggi/lebar ban) 70 persen B. Tinggi ban 14 cm
C.        Aspect ratio (tinggi/lebar ban) 86 persen
D.        Diameter dalam ban 70 cm
E, Diameter luar ban 86 cm
22.    Pada gambar di bawah ini ditunjukkan ken-lsakan ban yang disebut spot wear. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini, kecuali
  

A.      Keausan ball joint
B.        Keausan tie rod end
C.        Sudut caster berlebihan
D.        Spindle bengkok
E.         Keusakann bearing roda

23.    Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab mobil cenderung belok ke kanan pada saat dilakukan pengereman, kecuali . . .
   A.        Wheel cylinder roda kiri macet
   B.         Selang fleksibel rem roda kiri buntu
   C.        Jarak sepatu rem dengan tromol roda kanan lebih sempit dibanding roda kiri
   D.        Wheel cylinder roda kanan macet
   E.         Tromol rem roda kiri basah karena minyak.Íem bocor


24.    Keausan maksimal disc/piringan pada disc brake dapat diketahui dengan cara melakukan pengukuran :
A.        Diameter piringan rem
B.         Celah piringan
C.        Keovalan piringan rem
D.        Run out piringan rem
E.         Ketebalan piringan rem

25.    Sebagai sebuah tabung, propeller shaft memiliki nilai frekuensi getaran yang mencapai nilai natural pada saat kecepatan kritis. yang bergantung pada diameter dan panjang preopeller shaft untuk mengatasi masalah tersebut, maka dapat dilakukan dengan pemasangan:
A.        balance weights.
B.         Unversal joint
C.         spider
D.        sleeve yoke
E.         flange yoke
26.    Backlash steering dapat dipengaruhi oleh..
A.        Ball joint
B.         Besar roda kemudi
C.         Caster
D.        Roda
E.         Steering gear box

27.    Pada sebuah kendaraan yang dilengkapi dengan hydraulic power steering, jika kualitas minyak hidrolis kotor, atau terkontaminasi benda asing akan menyebabkan
A.        Normal
B.         Kemudi terasa berat
C.         Belok ke kiri
D.        Belok ke kanan
E.         Bunyi
28.    Pada saat kendaraan dilakukan pemeriksaan spooring (front wheel alignment) temyata hasil pengukuran toe - in diperoleh hasil yang sangat besar, maka penyebabnya adalah
A.        Panjang tie rod kiri dan kanan tidak sama
B.         Shock absorber tidak berfungsi dengan baik
C.         Spindle (poros roda) bengkok
D.        Pegas suspensi lemah
E.         Batang stabilizer bengkok
29.    Pada saat kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi, jalannya kendaraan tidak normal/bergoyange Hal tersebut dapat disebabkan kerusakan komponen sistem suspensi
yaitu . . .
A.        Sock absorber terlalu keras
B.         Pegas suspensi terlalu lemah
C.         Ball joint aus
D.        Sock absorber terlalu lemah
E.         Lower amı bengkok
30.    Untuk menentukan kondisi batterei, perlu diukur menggunakan batiery tester, jika batterei memiliki 6 sel sementara hasil pengukuran tegangan menunjukkan 9 volt, maka besamya tegangan pada masing-masing sel adalah
A.        0,015
B.         0,15
    c. 1,25   
    D. 1,35
    E.  1.5
31.    Jika dalam sistem penerangan lampu kendaraan temyata lampu tanda belok berkedip dengan redup di indikator dashboard, kemungkinan penyebabnya adalah
A.   Kerusakan pada unitflasher
B.   Tahanan kabel penghantar terlalu kecil
C.         Contact point padaflasher kotor
D.        Lampu tanda belok putus
E.         Saklar lampu tanda belok putus
32.    Pada saat meşin distarter tetapi sistem starter berputar tidak normal / pelan, hal ini disebabkan oleh
A.        Hold in coil rusak
B.         Kontaktor rusak
C.         Tegangan baterai drop
D.        Tahanan kabel penghantar terlalu kecil
E.         kumparan fıksasi putus
*           33. Akibat yang ditimbulkan pada busi jika kondensator pada sistem pengapian konvensional tidak berfungsi adalah loncatan bunga api pada busi
A.   Normal
B.         beşar
C.         tidak ada
D.         kecil
           E.     salah semua
34.    Agar saat start motor langsung hidup maka perlu penyesuaian antara saat pengapian dan temperatur motor. Apabila pada pagi hari motor agak susah dihiclupkan, hal tersebut    disebabkan kerusakan pada sensor temperatur di
A.         Sal uran hisap
B.         Potensio meter katup gas
C.         Sal uran udara setelah filter
    D. cold start injector
    E. Air pendingin
35.    Berikut ini adalah alat ukur yang digunakan unluk memeriksa baierei, kecuali
A.          Dwell meter
B.        Olun meter
C.         Battery tester
D.         Thermoıneter
E.          Hydromeler


36.    Jika dalam kendaraan menggunakan pengapian konvensional pada saat diakselerasi
(digas mendadak) terrıyata hilang tenaganya, kenıuıukinan penyebabnya adalah
A.         Vacunı cıdvancer tidak bekerja
B. Platina terlalu renggang
C.         Sudut clwell terlalu beşar
D.         Sistem akselerasi tidak bekerja
E.          Condensor rusak
37.    Pada saat meşin distarter tetapi sistem starter tidak mampu memutar meşin dengan normal (terlalu pelan), hal ini disebabkan oleh As Penarikan (pull-in) rusak
B.         Tahanan kumparan armature terlalu beşar
C.         Penahanan (holcl-in) coil rusak
D.        Kembalinya plunger
         E.    kontaktor rusak

38.    Jika dalam sistem pengisian menggunakan regulator mekanik 6 terminal ternyata lampu indikator menyala ketika meşin sudah hidup, maka kemungkinan penyebabnya adalah
A.         Lilitan voltage regulator putus
B.         Kabel dari terminal N regulcıtor lepas
C.         Penyetelan tegangan tidak tepat
D.         Diode negatif hubung singkat
E.          Penyetelan arus tidak tepat
39.    Persyaratan mengisi zat pendingin melalui tekanan tinggi dapat dilakukan jika persyaratan pengisian dipenuhi yaitu
A.         Sistem AC hams dihidupkan dan tabung dibalik
B.         Sistem AC hanıs dimatikan dan tubung tegak
C.         Sistem AC hanıs dihidupkan dan tabung tegak
D.         Sistem AC harus dimatikan dan tabung dibalik
E.          Sistem AC hanıs hidup, meşin pada putaran tinggi
40.    Jika freon tidak terlihat mengalir di kaca pengintip pada system AC yang biasanya ada di bagian atas botol dryer atau pada saluran tekanan tinggi, kemungkinan penyebabnya adalah
A.         Condensor rusak
B.         Evaporator tidak berfungsi dengan baik
C.         Bantalan kompresor aus
D.         Katup ekspansi tidak berfungsi
E.     Receiver dryer buntu

  
                                           _____ Selamat Mengerjakan _____